TUNE UP > penger tian dari TUNE UP sendiri adalah melakukan pemeriksaan ,perbaikan dan penyetelan pada komponen" mesin agar kondisi mesin kembali pada kondisi prima.
APA aja sih ALAT-ALAT yang digunakan dan PEKERJAAN apa yang dilakukan saat TUNE UP???
MAU TAU.???? simak yang dibawah ini ya sob..!!
Alat Yang Digunakan Untuk Tune Up
APA aja sih ALAT-ALAT yang digunakan dan PEKERJAAN apa yang dilakukan saat TUNE UP???
MAU TAU.???? simak yang dibawah ini ya sob..!!
Alat Yang Digunakan Untuk Tune Up
Dalam pemeriksaan
sistem tune up mobil, kita dapat mengenal beberapa alat yang harus di
pergunakan, di ataranya :
- Fuller Gauge
- Kunci Pas Ring
- Obeng Min (-) dan Obeng Plus (+)
- Tachometer
- Timing Light
- Tester Kompresi
- Multi Tester
- Hidro Meter
Prinsip Kerja Tune Up
Dalam
pelaksanaannya bagian-bagian yang di periksa dalam system tune up mesin adalah
sebagai kerikut :
- System Pendinginan
- Tali Kipas (Van Blet)
- Saringan Udara (Air Filter)
- Batteray
- Celah Katub
- Oli Mesin
- Busi
- Kabel Tegangan Tinggi
- Distributor
- Platina (Breaker Point)
- Governor Adventure
- Vacum Adventure
- Mengetes Kompresi
- Sudut Dwell
- Sudut Pengapian
Cara Tune Up Mobil Yang Benar
Memeriksa Sistem Pendinginan
- Periksa tinggi air pendinginan pada
tengki cadangan, jika kurang tambahkan hingga sampai batas garis full dan
jangan lupa memeriksa kualitas air pendingin, apakah sudah berubah warna,
menimbulkan karat, tercampus dengan oli atau kotoran/ gantilah air
pendingin jika perlu.
- Periksa klem selang
radiator,sekaligus selangnya, apabilaterjadi kebocoran segera perbaiki,
jika sudah rusak dapatdi ganti dengan yang baru.
- Periksa cara kerja tutup radiator,
dengan menggunakan alat tester tutup radiator, periksa tegangan pegas
dankedudukan vakumpada tutup radiator dan jika tutup radiator rusak harus
di ganti.
Memeriksa Tali Kipas
- Periksa tali kipas (Van Bett) dari
kehausan, retak, dan ketengangan ganti jika perlu.
- Periksa kelenturan tali kipas
dengan memberikan tekanan sebesar 98N (10kg) di tengah-tengah poli pompa
air dan altenator.
- Pastikan tali kipas terpasang
dengan benar.
Memeriksa Saringan Udara (Air Filter)
- Buka dan bersihkan elemen saringan
udara dengan menghembuskan udara bertekanan dari arah sebelah dalam.
- Jika elemen rusak atausudah terlalu
kotor dan susah untuk di bersihkan ganti dengan yang baru.
Memeriksa Batteray (ACCU)
- Periksa batteray dari kemungkinan
penyangga batteray berkarat, hubungan terminal longgar, terminal berkarat
atau rusak.
- Pariksa batas air ACCU, air ACCU
yang normal harus berada antara batas atas dan batas bawah (Maks dan
Mint).
- Periksa banyaknya elektrolit pada
setiap sell.
Memeriksa Celah Katup
- Periksalah celah katub sesuai
denganurutan pengapian dan jumlah silinder pada kendaraan yang kita sedang
tune up, jikaada celah kutup yangtidak sesuai maka disetel dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
- Persiapkan kunci-kunci yang
dibutuhkan dan kain permbersih.
- Lalu bukalah tutup kepala silinder.
- Putar puli poros engkol sesuai
dengan pada tanda top 1.
- Lalu setel klep cilynder no 1 dan 2
(kutup masuk dan buang) sesuai dengan celah kutub yang di anjurkan oleh
pabrik.
- Putar puli 180o searah
jarum jam, kemudian setel katub masuk dan buang yang bebas.
- Lakukan kembali seperticara diatas,
sampaisemua kutup selesai di setel.
- Jangan lupa bersihkan alat yang
sudah di pakai dan menyimpan pada tempatnya.
- Memeriksa Oli Mesin
- Periksa oli dari kemungkinan
berkurang, tercampur dengan air atau sudah bekurang tingka pelumasannya.
- Pada stik oli, oli harus berada
pada antara L dan F, jika lebih rendah maka periksa kemungkinan ada
kebocoran lalu tambah oli hingga tanda F.
Memeriksa Busi
- Bukalah busi dari tempatnya.
- Periksalah elektroda tengah setiap
busi dari pengikisan, pecah atau perselin (keramik) rusak gantilah bila
perlu.
- Bersihkan busi dengan sikat kawat
halus bila di pakai lagi.
- Setel celah elektroda busi dengan
STT.
Memeriksa (Mengukur) Kabel Tegangan Tinggi
- Lepaskan kabel tegangan tinggi dari
tutup distributor.
- Pada waktu melepas keble busi,
tariklah dengan memegang bagian ujung atau pembungkus kabel, jangan
memegang pada bagian tengah kabel.
- Periksa tahanan kabel dengan
menggunakan multi tester, tahan kabel harus berkurang dari 25kg setiap
kabelnya.
Distributor
- Periksalah tutup distributor dari
kemungkinan retak, kotoran lubang kabel busi, karbon pada bagian dalam
tutup distributor apakah masih sisa atau sudah terkikis.
- Memeriksa (Mengukur) Celah Platina
- Periksalah keadaan platina dari
bolong, hangus karena terbakar, tidak rata (ada bagian yang tebal dan ada
bagianyang tipis), jika perlu ganti.
- Periksalah celah platina dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
- Putarlah puli poros engkol dan
posisikan poros distributor pada salah satu sudutnya sampai celah pada
platina terbuka penuh. Gunakan fuller gauge yang sesuai dengan ukuran yang
di anjurkan oleh pabrik untuk mengukur celah platina.
- Jika celah platina terlalu besar
atau kecil, setel celah platina tersebut.
- Jangan lupa memberikan sedikit
gemuk pada poros distributor yang bersentuhan dengan bagian platina.
Gover Adventure
- Periksalah governour adventure dari
kotoran, kekurangan pelumas, apakah pegasnya masih berfungsi seperti
seharusnya.
Vacum Adventure
- Periksalah vacum dari kemungkinan
tersumbat, hisapan bocor, berkarat atau rusak.
- Periksalahjuga selang vakum jangan
sampai selangnya sudah kaku, terdapat sobekan atau tersumbat.
Mengetes Kompresi
- Lakukan tes kompresi dengan langkah
– langkah :
- Lepaskan kabel busi dan busi tsb dari tempatnya
satu persatu.
- Masukan bagian bawah yang berderat
dari alat tes kompresi ke dalam lubang busi, lalu putar dengan tangan
sampai kencang.
- Starter mesin ,
dengan catatan pedal gas di tekan sampai penuh.
- Lihat arah jarum pada tester berada
pada angka berapa. Bila bagus dia menunjukan angka 11-12 BAR.
- Tekan tombol pembuang gas, untuk
mengembalikan posisi jarum jam ke angka nol.
- Ulangi cara tersebut di atas untuk
mengetes kompresi silinder yang lain.
Memeriksa Sudut Dwell
- Pariksalah sudut dwell dengan
tachmometer.
- Sudut dwell yang di anjurkan adalah
52o kurang lebih 2o.
Memeriksa Sudut Pengapian
- Periksalah sudut pengapian dengan
timing light.
- Sudut pengapian harus tepat
derajatnya dengan mesin yang sedang kita tune up.






0 comments:
Post a Comment